Rabu, 16 Februari 2011

Caesar Cipher??

ana_mahebe231090

Caesar cipher, yaitu teknik kriptografi yang digunakan oleh Kaisar Romawi, Julius Caesar, yang menyandikan pesan yang ia kirim kepada para gubernurnya. Eiitz, tunggu dulu. Pada tahu nggak kriptografi itu apa??

Kriptografi
Menurut sejarahnya, kriptografi sudah lama digunakan oleh tentara Sparta di Yunani permulaan tahun 400 SM. Mereka menggunakan alat yang disebut scytale. Alat ini terdiri dari sebuah pita panjang dari daun papyrus yang dililitkan pada sebatang silinder. Pesan yang akan dikirim ditulis horizontal. Bila pita dilepaskan, maka huruf-huruf di dalamnya telah tersusun pesan rahasia. Untuk membaca pesan, penerima harus melilitkan kemabli silinder yang diameternya sama dengan diameter silinder pengirim.

Scytale


Misalnya akan mengirim pesan

SAYA SUKA KAMU

maka ditulis pada batang silinder


S A Y A
S U K A
K A M U

Jika pita dilepaskan maka akan terlihat


SSKAUAYKMAAU
 
Gimana?? lumayan ngerti kan??
 
Nah dalam kriptografi, Caesar cipher atau lebih dikenal lagi dengan sandi geser atau kode Caesar ini adalah salah satu teknik penyandian yang paling sederhana. Tiap huruf disubstitusikan dengan huruf ketiga berikutnya dari susunan alfabet. Dalam hal ini kuncinya adalah jumlah pergeseran huruf (yaitu 3). Susunan alfabet setelah digeser sejau 3 huruf yaitu
 

A -> D
B -> E
C -> F
D -> G
E -> H
F -> I
G -> J
H -> K
I -> L
J -> M
K -> N
L -> O
M -> P
N -> Q
O -> R
P -> S
Q -> T
R -> U
S -> V
T -> W
U -> X
V -> Y
W -> Z
X -> A
Y -> B
Z -> C 

Jadi jika ingin menuliskan pesan 


AKU SUKA KAMU
 
menjadi
 

DNR VXND NDPX

gimana?? udah ngerti donk sama CAESAR CIPHER!!!


sumber :
Munir, Rinaldi, Matematika Diskrit Edisi 3, Informatika,2005.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar